Friday, November 11, 2016

Gampong Online di Aceh

Gampong Online di Aceh
Oleh Teuku Rahmad Danil Cotseurani

            Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat dewasa ini merubah kehidupan kita menuju era digitalisasi. Seluruh level masyarakat dari seluruh usia kini terbiasa menggunakan perangkat-perangkat digital sebagai media komunikasi, informasi dan edukasi. Seperti internet dan teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet, dalam pembangunan nasional suatu negara, telah diakui secara luas di berbagai negara. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat, dapat mendorong terciptanya akses informasi ilmu dan pengetahuan. Demikian pula pelayanan tempat ibadah dalam hal ini masjid, penerepan teknologi sangat diperlukan dalam rangka pencapaian target-target tertentu demi menghadirkan pelayanan prima kepada jamaah, ummat dan masyarakat umum.
            Hari ini rasanya tidak ada orang yang tidak memakai handphone atau smarphone berbasis android dan online, juga laptop. Dimana berbagai tempat terutama kantor dan warung kopi (warkop) sudah terpasang wifi. Perkembangan warkop di Aceh sangat pesat ditambah lagi dengan menyediakan fasilitas wifi/hotspot untuk memanjakan pengunjung. Kehadirannya juga mendongkrak bertambahnya jumlah warkop, caffe dan restoran sejenis. Disamping itu permintaan akan handphone/smarphone dan laptop/note book meningkat di Aceh pada umumnya. Dapat kita lihat disejumlah warkop yg punya wifi disebut warkop cyber dan internet, pengunjungnya asyik dengan laptop/smarphone di meja masing-masing.
Demam media sosial  akhir-akhir ini juga berimbas pada gaya hidup  sebagian besar masyarakat di Aceh. Pejabat kekinian juga seharusnya harus memiliki akun media sosial untuk memudahkan penyelenggaraan pemerintahan dan untuk menampung aspirasi rakyat yang bisa berinteraksi langsung dengan rakyatnya. Pejabat di Aceh masih melek teknologi informasi melalui media sosial, bila kita berselancar didunia maya Cuma beberapa orang pejabat daerah, gubernur, bupati dan walikota yang memiliki akun media sosial yaitu walikota banda Aceh, bupati Aceh Utara, bupati Bireuen dan walikota Lhokseumawe. Salah satu calon gubernur yang juga aktif di media sosial yaitu Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah yang membalas dan berinteraksi dengan jempolnya bukan oleh timsesnya tau operator untuk calon gubernu lainnya tidak ada memiliki akun media sosial kecuali akun untuk timses dan relawannya.
Sekarang sosial media memang digunakan oleh pejabat daerah untuk membuka ruang interaksi dengan publik. Saat ini masyarakat lebih mudah untuk memberikan masukan kepada pemimpin mereka, dan dengan eksis di media sosial setidaknya pejabat juga mampu bekerja cepat dalam menyelesaikan permasalahan di daerah dan dengan SKPD atau SKPK dan dinas atau instansi di jajarannya.
            Tidak bisa dipungkuri media sosial mempunyai dampak yang luar biasa bagi Seorang pejabat maupun kepala daerah dalam berhubungan langsung dengan masyarakat di daerahnya. Medsos seperti Twitter, Facebook, Path, dan Instagram mempunyai dampak yang luar biasa dalam menginformasikan perkembangan maupun kejadian yang ada di daerahnya. Melalui media sosial sebuah daerah lambat laun juga bisa menjadi terkenal, bukan hanya secara lokal, cakupannnya bisa secara nasional, regional bahkan internasional. Internet yang merupakan hasil dari perkembangan dunia digital, dapat membuat orang berinterkasi satu sama lain, meski dalam jarak yang sangat jauh. Maka dari itu merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pejabat maupun kepala daerah dewasa ini.
Jika dulu ada istilah ABRI masuk desa atau listrik masuk desa. Kini internet masuk desa. Dimana hampir semua masyarakat memiliki smartphone bukan hanya di tingkat perkotaan sekarang masyarakat di desa juga sudah bisa mengakses internet dan terhubung dengan dunia maya seiring tower-tower BTS dari operator selular seperti Telkomsel, XL dan 3 sudah ada di gampong-gampong. Para Keuchik dan Teungku Imum bisa menyisihkan sedikit dana desa untuk menyediakan perangkat Iinformasi teknologi berupa wifi gratis yang bisa diakses  oleh warga gampong dan akan terwujud gampong online. Dimana dengan online sekarang meningkatkan perekonomian warga gampong, bisnis online kini semakin menjanjikan dewasa ini. Bisa saja jual kambing atau sapi suatu saat bisa bertransaksi melalui jaringan online.    
Sejurus dengan itu pengguna dan pemakai handphone berakses internet adalah anak-anak generasi muda, kalangan remaja, pemuda dan dewasa, jadi dapat diharapkaan sistim informasi gampong atau gampong online ini  untuk kalangan tersebut untuk lebih meningkatkan tarif hidup masyarakat di gampong dan mencintai masjid dan memakmurkan masjid bila perangkat wifi ditempatkan di tempat ibadah, ketika waktu shalat akan berbondong-bondong menunaikan shalat. Bisa juga perangkat wifi ditempatkan ditempat-tempat umum lainnya selain di warkop-warkop seperti di kantor keuchik. Hal ini dimaksudkan agar warga gampong tidak menghabiskan waktu berlama-lama di warkop yang sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh pada umumnya.
Selanjutnya sistem aplikasi yang baik diperlukan juga bagi suatu daerah yang dipimpinnya. Selain bertujuan untuk memudahkan dalam proses kerja dalam lingkup pemerintahan yang dipimpinnya, hal ini juga bertujuan untuk menjaga transparansi dalam sistem kerja pemerintahan yang baik (Good Governance). Jadi segala hal yang menyangkut akuntabilitas,integritas, dalam hubungannya dengan kinerja pemerintahan hingga pengadaan barang dan Jasa (Procurement) harus menggunakan sistem splikasi yang baik pada setiap pemerintahan daerah.
Jika Sebelum media sosial populer, para pemimpin negara lebih sering memanfaatkan televisi dan radio. Namun, kini media sosial menyediakan semuanya, tidak hanya dalam bentuk teks, tetapi juga dalam bentuk foto dan video. Ini lompatan jauh dunia komunikasi sesuai zamannya ke era digital berteknologi canggih. Komunikasi melalui media sosial diakui lebih efektif dan efisien karena menjangkau lebih banyak orang dan isinya dibaca. Media sosial tidak hanya menumbuhkan peluang bisnis baru, tetapi juga mengubah cara berkomunikasi kepala daerah. Jika dimanfaatkan secara maksimal, media sosial mampu menjadi alat yang ampuh, efektif, dan efisien untuk berkomunikasi dengan rakyat atau masyarakat.
Gampong online ini akan mempercepat program gampong membangun. Nanti segala informasi tentang gampong ada di dalamnya sehingga potensi gampong, produk unggulan gampong, dan perkembangan pembangunan gampong bisa dipromosikan dan diakses dengan mudah dan berimbas pada perekonomian masyarakat di gampong. Pemerintah RI berharap  proses desa membangun akan berjalan signifikan, terutama dengan adanya dana desa yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu, desa online akan mempermudah informasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembangunan, termasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) bisa disampaikan kepada masyarakat desa dan terdokumentasi dengan baik. Tentu saja Gampong online akan bersinergi jika aparat gampong juga tidak melek teknolog informasi yang kian berkembang dari waktu ke waktu.
Perangkat lainnya u tuk mendukung gampong online, bahwa di daerah-daerah sudah ada Relawan TIK,  Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dibentuk oleh Keminfo RI untuk seluruh daerah diseluruh Indonesia. Dengan visi Menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa dan misi Internal (mikro) menyiapkan anggota dalam penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan individual maupun kerjasama kelompok guna menyelenggarakan tugas-tugas edukasi sosial, pemberdayaan maupun kegiatan insidental; Organisasional (meso) menjadikan Relawan TIK sebagai sebagai satuan yang mampu bereaksi cerdas, tanggap, bergerak cepat serta bertindak cermat dalam menjalankan tugasnya; Nasional (makro) berkontribusi dan partisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan serta berperan dalam tugas kemanusiaan, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.
            Dengan saling bertukar informasi dan pengalaman, dapat membuat rencana kerja yang strategis sehingga dapat memberdayakan TIK dalam mensejahterakan masyarakat dan perlunya dukungan dan kerjasama dari pemerintah pusat, daerah serta peran pemangku kepentingan, kalangan bisnis, perguruan tinggi, komunitas dan masyarkat, maka upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat semakin nyata. Selain memberikan pelajaran seperti sosialisasi internet sehat, cerdas dan produktif, keamanan sistem informasi dan lainnya kepada masyarakat, relawan TIK juga bisa mengawal pemanfaatan pemberdayaan dari pemerintah seperti Desa Berdering, Desa Pintar, Pusat Rumah Kreatif serta diharapkan sigap dan tanggap terhadap melakukan koordinasi, kolaborasi kerjasama didaerah bencana dengan bantuan internet atau online. Kedepan dunia digital bukan lagi hal yang tabu tapi memang sudah suatu kebutuhan arus informasi dan teknologi yang cepat dan dinamis. Sistem gampong online ini tentunya juga memudahkan pemda dalam melakukan perencanaan pembangunan termasuk saat melaporkan arus lalu lintas dana desa yang telah diperoleh dari Pemerintah Pusat.
            Selain menggenjot ekonomi gampong melalui sistim online juga akan mengintegrasikan data-data dari semua sektor khususnya pada sektor kesehatan, pendidikan administrasi kependudukan dan administrasi gampong, sebab data dan informasi menjadi kebutuhan penting karena merupakan dasar dari penetapan dan penyusunan program serta kebijakan pembangunan yang terarah dan sistematis.
            Gagasan dan gerakan membangun Sistem Informasi gampong atau gampong online yang  saat ini mulai digalakkan di gampong-gampong , harus kita maknai sebagai gerakan untuk memberikan kembali kemerdekaan bagi gampong sesuai amanah UUPA. UU No. 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan UU Desa, UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa. Terutama kemerdekaan gampong dalam mengelola dan mengembangkan informasi terkait potensi, asset dan data yang dimiliki oleh gampong itu sendiri. Dengan Sistem Informasi gampong, gampong diharapkan mampu memanfaatkan kekuatan yang mereka miliki untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Misalnya seperti dalam hal optimalisasi penggunaan teknologi informasi, segala informasi tentang asset dan potensi gampong dapat disebarluaskan melalui media Website gampong, sehingga dapat menarik minat para pelaku kepentingan yang ingin membangun gampong di Aceh dengan berorientasi pada kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di gampong .
Dengan demikian, meskipun ada berbagai nama program untuk desa  atau gampong yang dicanangkan pemerintah dalam hal ini kementerian desa, dan ada bermacam jenis inovasi teknologi yang diciptakan untuk memudahkan gampong dalam mengelola Sistem Informasi di wilayahnya. Namun yang terpenting dari semua gerakan dan kehadiran inovasi teknologi tersebut, Desa tidak kehilangan identitasnya sebagai   ‘kaki’ bagi negara Indonesia mapun pemerintah Aceh. Karena sejatinya teknologi hadir sebagai alat untuk memudahkan, bukan merenggut ‘kearifan’ yang sampai membuat gampong semakin terpinggirkan.

Mudah-mudahan  Pemerintah dapat segera  memulai gerakan sistim informasi gampong atau gampong online, pemerintah Aceh dan DPRA sebagai regulatornya dapat menerapkan dan mengaplikasikan sistim informasi gampong dan mengajak pemuda, generasi muda dan masyarakat untuk memajukan dan memakmurkan gampong dimana pun seluruh Aceh. Nyan Ban Menan !

6 comments:

  1. Tahniah, semoga bermamfaat khususnya utk bangsa Acèh dan umumnya utk bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Selain infrastruktur, juga perlu ditingkatkan pendidikan dalam rangka kesiapan manusianya. Sehingga teknologi dapat bermanfaat dan berdaya guna secara positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Sukses bang TRDC untuk blog barunya. (-:

    ReplyDelete
  3. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete